Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodik 2018

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodik 2018 - Rekan OPSDapodikdasmen yang berbahagia, berikut ini saya share sedikit rangkuman tanya jawab seputar Aplikasi Dapodik 2018. Pertanyaan dan jawaban seputar Aplikasi Dapodik 2018 ini dirangkum pada saat pelatihan yang diselenggarakan di Hotel Solaris, Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Jawaban yang diberikan dan tertulis dibawah ini cukup singkat, apabila ada yang kurang jelas, mari kita diskusikan dikolom komentar.




Pertanyaan 1 : Bagaimana cara mengisi jam guru BK untuk kurikulum 2013 dan KTSP ? 
Jawaban : Jumlah jam pada pembelajaran diisi dengan 0 jam agar tidak muncul slot jam pada menu Jadwal. Karena beban mengajar guru BK dilihat dari rasio murid sejumlah 150 siswa per 1 Guru BK.

Pertanyaan 2 : Bagaimana cara mengisi jam guru TIK untuk kurikulum 2013 ? 
Jawaban : Jumlah jam pada pembelajaran diisi dengan 0 jam agar tidak muncul slot jam pada menu  Jadwal. Karena beban mengajar guru TIK dilihat dari rasio murid sejumlah 150 siswa per 1 Guru TIK.


Pertanyaan 3 : Bagaimana cara mengisi jam guru TIK untuk kurikulum KTSP ?
Jawaban : Untuk guru TIK yang mengajar pada kkurikulum KTSP dikarenakan jam mapel Teknologi Informasi dan Teknologi masuk pada jam wajib / wajib tambahan, maka harus dimasukkan ke dalam menu jadwal dan memiliki slot jam pada jadwal  
                   
Pertanyaan 4 : Bagaimana untuk jadwal upacara, istirahat , ekstrakurikuler ?
Jawaban : Tidak perlu diinputkan ke dalam jadwal, hanya mata pelajaran tatap muka yang sesuai Kurikulum saja yang diinputkan. Upacara, istirahat,  Ekstrakurikuler dan kegiatan kookurikuler lainnya tidak perlu diinput ke jadwal.

Pertanyaan 5 : Bagaimana cara input untuk mapel Agama yang diajar lebih dari 1 agama?
Jawaban : Sementara pilih saja agama yang mayoritas untuk menghindari deteksi jadwal bentrok.                      
Pertanyaan : Bagaimana jika 1 ruang kelas dijadikan 2 rombel bahkan 3 rombel ?
Jawaban : Dalam 1 ruang kelas urutkan jam pembelajaran sesuai dengan urutan waktu nya. Bisa seperti kelas pagi dan kelas siang. Misal kelas pagi dari Jam pelajaran ke 1,2…, 6 dan kelas siang jam ke 7,8… 12. Sehingga sistem seperti kelas kombinasi pagi dan siang jangan pernah membuat data prasarana ruang kelas baru apabila memang tidak ada prasarananya.

Pertanyaan 6 : Bagaimana jika Ruangan kelas di bagi 2 dengan sekat triplek/ tidak permanen ?
Jawaban : Dalam isian prasarana R.kelas tetap di anggap 1 ruang saja. Adapun untuk jadwal dibuat seperti pada no.1 , walaupun pada waktu penyelanggaraan sekolah nya di pilih “pagi”.

Pertanyaan 7 : Mengapa dalam jadwal terdapat deteksi validasi, jika PTK Mengajar di urutan jam pembelajaran yang sama tapi beda rombel akan ditolak di aplikasi?
Jawaban : Solusi pastikan tidak ada jam yang bentrok dalam pengisian jadwal. Jumlah slot jam di jadwal merupakan jumlah dari jam yang di inputkan di pembelajaran. Pastikan jam nya sudah sesuai antara pembelajaran dan jadwal sudah di bagi habis dan tidak bentrok antar rombel.
Definisi jadwal bentrok adalah apabila PTK yang sama mengajar pada jam pembelajaran yang sama pada hari yang sama di prasarana rombel (ruang kelas) yang berbeda.

Pertanyaan 8 : Dalam pengisian jadwal terdapat baris warna merah, apa penyebab dan dampaknya ?
Jawaban : Jika jadwal tidak urut, missal dari jam pembelajaran ke-2 loncat ke jam pembelajaran ke-4 karena diselingi mapel yang ada di kelompok tambahan yg tidak masuk di jadwal aplikasi dapodik. Maka akan terlihat tidak urut. Dampak nya telihat warna merah seperti di gambar.
Dan ini TIDAK APA-APA. tidak menghambat sync tdk invalid. TIDAK BERMASALAH. hanya mengingatkan jadwal tidak urut.      
               
Pertanyaan 9 : Apa yang harus dilakukan jika sudah melakukan konfirmasi tarik Peserta Didik, namun belum juga turun ke aplikasi Lokal? apakah harus melakukan entri manual juga?
Jawaban: Jika sudah melakukan tarik Peserta Didik, tidak diperbolehkan melakukan entri manual yang berakibat data ganda. Jika terpaksa harus entri manual dikarenakan blm masuk ke aplikasi lebih baik batalkan tarik Peserta Didik terlebih dahulu dengan syarat masih tampil datanya

Pertanyaan 10 : Bagaimana solusi jika pada saat Tarik PD terdapat data yang hilang atau tidak masuk ke dalam aplikasi ?
Jawaban: Tarik Peserta Didik lebih baik sedikit demi sedikit, untuk menghindari data yang hilang selama syncronisasi yang kemungkinan dikarenakan jaringan yang tidak stabil. Sebelum syncronisasi jangan lupa Klik tombol Konfirmasi terlebih dahulu. Tips nya adalah setelah tarik Peserta Didik lakukan sync, jangan mengumpulkan hasil tarik Peserta Didik terlalu banyak tapi lakukan sync setelah tarik secara bertahap.  
                   
Pertanyaan 11 : Saat melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018, muncul pesan “koneksi internet lambat” padahal koneksi internet yang digunakan sekolah sudah cukup memadai ?
Jawaban: Tahap pertama lakukan pergantian koneksi internet misal dari Provider A ke Provider B, jika tahapan ini sudah dilakukan masih belum berhasil melakukan sinkronisasi. Maka coba tambahkan Add On pada Web browser anda security kiss atau Add On yang sejenis.

Pertanyaan 12 : Aplikasi  dapodikdasmen V.2018 sudah terinstall sesuai dengan tahapan yang benar, namun saat dijalankan tidak bisa dibuka dengan keterangan we are sorry, but someting went terrbily wrong. Apa yang harus dilakukan ?
Jawaban: langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan service database dapodikdasmen. Langkah pengecakan  service database:
Klik start - klik  run - service.msc, cek service dapodikdb (klik start ), jika dapodikdb running silahkan buka login aplikasinya.
Jika cara no. 1 belum juga bisa running dapodikdbnya, silahkan buka program file - dapodik. -database ( pastikan file berjumlah 18 file didalam folder database nya ), biasanya ada file yg corrupt atau hilang.

Pertanyaan 13 : pada saat validasi data sarpras tertulis data periodik sarana jenis (-) yg berada di dalam Prasarana dengan nama Kelas (-) untuk periode Ganjil / 2017 belum diisi. Padahal di aplikasi sudah diisi.
Jawaban :Pastikan data periodik sudah terisi dengan benar dan sukses tersimpan.
Pastikan tidak ada data sarana di menu Sarana telah Hapus Buku yg dihapus tanpa mengisi data periodik. 

Demikian postingan kali ini mengenai beberapa point tanya jawab seputar Aplikasi Dapodik 2018, semoga bermanfaat. Salam Satu Data!

0 Comments

Posting Komentar