Manajemen Dapodikdas Dan Juga Dapodikmen

Manajemen Dapodikdas
Pendidikan di Indonesia semakin hari semakin maju. Pemerintah di Indonesia ini muali serius untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia yang kritis ini. Hal ini dilakukan dengan membentuk atau meluncurkan dapodikdas dan juga dapodikmen. Kedua jenis ini adalah singkatan dari data pokok pendidikan dasar dan juga data pokok pendidikan menengah. Pihak yang berwenang melakukan manajemen dapodikdas juga dapodikmen ini sendiri dilakukan oleh kemendikbud. Dalam dapodikdas dan juga dapodikmen ini akan dihimpun data data penting dari sekolah baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama atau SMP, sekolah menengah atas atau SMA dan juga sekolah menengah kejuruan atau SMK. Data data yang ada dalam dapodikdas dan juga dapodikmen ini antara lain adalah sebagai berikut.

·         Data diri siswa atau murid
·         Data diri guru atau pendidik
·         Dan juga data sekolah yang bersangkutan

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf sebelumnya, pihak yang berwenang melakukan manajemen dapodikdas dan juga dapodikmen ini adalah pemerintah yang dalam hal ini adalah kemendikbud beserta jajarannya. Nah, data data yang ada dalam dapodikdas dan juga dapodikmen ini akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pengambilan keputusan mengenai program pendidikan yang akan dikeluarkan selanjutnya. Data data yang diinput oleh sekolah ke database dapodik ini juga akan digunakan untuk menjaring siswa berprestasi dan kurang mampu untuk selanjutnya mendapatkan beasiswa dan bantuan dari pemerintah. Pemerintah juga akan menggunakan data ini untuk menjaring guru guru berprestasi dan juga sekolah yang masih mempunyai permaslahan internal.

Seperti diketahui sebelumnya manajemen dapodikdas dan juga dapodikmen oleh pemerintah yang dalam hal ini adala kementrian pendidikan dan kebudayaan ini dimaksudkan untuk perkembangan dunia pendidikan di negara Indonesia ini agar bisa lebih maju dan baik. Ya, penjelasan singkat diatas tentunya sudah bisa menjadi bukti bagi anda bagaimana tingkat keseriusan pemerintah untuk bisa memajukan dunia pendidikan di negara ini. Ya, dari mulai untuk lebih mempermudah menjaring siswa berprestasi dan kurang mampu hingga untuk menjaring guru yang memiliki kualitas.

0 Comments

Posting Komentar