Cara Dan Atau Panduan Sinkronisasi Dapodikdas

Sinkronisasi Dapodikdas 
Perkembangan dan kemajuan teknologi di dunia ini memang sangat mempermudah dan berguna bagi semua urusan manusia. Salah satunya adalah dengan adanya dapodikdas. Apa itu? Dapodikdas adalah singkatan dari data pokok pendidikan dasar. Dapodikdas ini adalah sistem yang dikeluarkan dan atau dikembangkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Pembentukan atau pengembangan dapodikdas ini ditujukan untuk mempermudah pemerintah dalam memperoleh data lengkap dari sekolah sekolah dasar  yang ada di seluruh Indonesia. nah, dalam artikel ini akan disediakan bagaimana cara dan atau panduan sinkronisasi dapodikdas . untuk sikronisasi dapodikdas ini ada dua cara yakni.
  • Online
  • Offline

Di atas sebelumnya telah disinggung jika untuk melakukan sinkronisasi dapodikdas ini bisa ditempuh dengan dua cara, yakni secara offline dan juga online. untuk cara sinkronisasi dapodikdas secara online sendiri caranya sangat mudah. Setelah semua data data sekolah dasar sudah diupload atau di input ke dalam aplikasi Dapodikdas maka langkah selanjutnya adalah klik menu sinkronisasi yang ada pada aplikasi Dapodikdas yang sudah ada. Untuk diperhatikan dalam metode online ini perangkat anda tentunya harus terhubung dengan koneksi internet. Nah, tanda anda sudah memiliki koneksi internet adalah akan terlihat tampilan hijau, namun jika anda belum tekoneksikan ke internet maka tampilannya akan menjadi merah. Nah, untuk melakukan sinkronisasi dapodikdas online ini anda cukup dengan melakukan klik dan atau pilih pada tombol sinkronisasi yang ada (berwarna hijau). Jika anda sudah klik tombol sinkronisasi maka langkah selanjutnya adalah menunggu sampai sinkronisasi anda selesai.

Nah, metode yang kedua adalah sinkronisasi dengan cara offline (tanpa koneksi internet). Metode ini memang diperuntukkan bagi sekolah sekolah dasar yang berada di tempat pelosok yang belum terjangkau koneksi internet. Untuk melakukan sinkronisasi dapodikdas offline ini anda hanya perlu klik sinkronisasi sama seperti cara sinkronisasi dapodikdas online. jika sudah maka nanti akan keluar sebuah jendela window dan anda bisa klik ok pada jendela yang mucul tersebut. Jika sudah maka data akan terdownload otomatis untuk kemudian anda upload ke website kemdikbud.


0 Comments

Posting Komentar