PENYEBAB GAGAL SINKRONISASI DAPODIKDAS V 2.04

By Look87

Mungkin banyak yang mengalami
"SUCCESS INSERT NULL TABLE (FOR CONSISTENCY DATA), DATA UPTODATE"
Jujur saja, saya juga pernah mengalaminya. hehe

Untuk yang sudah menggunakan Aplikasi versi 2.0.4 bila dalam melakukan sinkronisasi ada keterangan "SUCCESS INSERT NULL TABLE (FOR CONSISTENCY DATA), DATA UPTODATE" itu artinya
proses sinkronisasi mengalami kegagalan karena adanya beberapa data yang masih salah dalam pengisiannya, coba lakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Periksa kembali kolom pengisian "Data Pribadi" siswa pada bagian Tab Peserta Didik, biasanya disana ada beberapa kolom yang seharusnya dikosongkan, tetapi terisi oleh angka 0 atau tanda "strip" ( - ), seperti pada kolom "Berkebutuhan khusus, Nomor Telepon, Nomor HP, Nama Wali" dan rincian lainnya.. bila benar ada isiannya hapus isian yang bersangkutan.

2. Pada kolom "Data Rincian bagian Data Periodik" dalam hal pengisian jarak "kurang dari 1 km" meski jaraknya tidak diisi tapi waktu tempuh untuk kolom menitnya harap diisi.

3. Pada Tab PTK periksa kembali kolom "penugasan" terutama dalam pencentangan Keaktifan PTK, Bulan yang dicentang harus sampai bulan "Desember".

4. Pada Tab PTK bagian "Ubah", periksa kembali seluruh pengisian pada bagian "Edit PTK terutama pada kolom NIP, biasanya masih suka ada ditemukan pengisian dari hasil data prefill yang pengisian NIP-nya menggunakan spasi sehingga data NIP hilang sebagian.

5. Pada Tab PTK bagian "Data Rincian" periksa kembali dalam hal "Tugas Tambahan" dan "Rw. Jabatan Struktural" kolom ini seharusnya bagi guru tidak terisi datanya (dikosongkan), tetapi utk beberapa kasus masih banyak kolom ini yang terisi datanya, bila terjadi seperti ini maka hapus data isiannya.

NB :
- Kesalahan ini biasanya juga berpengaruh pada kesuksesan atau keberhasilan unduh "Profil Sekolah" dan "Absensi"
- Saya juga mengatakan hari ini pertanggal 05 Desember 2013 mulai pukul 00.00, (infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id) sudah dimatikan, jadi apabila melakukan sinkronisasi online pasti lancar dan langsung ada selisih, tapi mohon maaf saya tidak tahu sampai kapan itu terjadi, silahkan anda cek sendiri, jika saat membuka halaman tersebut tertulis "Sistem sedang sibuk", berarti masih mati.

3 Comments

Muhtar Putera mengatakan...

Mau tanya ...
Dapodik Tingkat SMP; Patch 204, Sinkronisasi sukses, saya cek data sudah terupdate. Tapi tetap data siswa baru/pindahan tidak bisa pindah ke tabel utama, yang ada selalu peringatan "Mohon pilih data yang gagal ditemukan di server (ditandai merah)" sudah saya cek tidak ada yang ditandai merah. akibatnya siswa rombel kelas 7 kosong. Bingung apalagi yang salah,,,
Mohon bantuan....

Look87 mengatakan...

@muhtar Putera : Sinkronisasi tidak hanya dilakukan sekali, minimal 3 kali dengan jeda waktu beberapa jam atau bahkan hari dari masing2 sinkron, nah, setelah itu si tunggu, nanti akan bertanda dengan sendirinya.

kumiko murakami mengatakan...

......."Rw. Jabatan Struktural" kolom ini seharusnya bagi guru tidak terisi datanya (dikosongkan)
klo utk kepala sekolah gimana Pak? tetap diisi?