CARA MULTI USER DI DAPODIKDAS 2013

By Look87

Baiklah, saya rasa tutorial ini yang banyak diharapkan oleh para operator, kenapa demikian?
karena multi user adalah solusi yang diharapkan bisa mempercepat kerja operator dalam menyelesaikan pengisian data dapodikdas 2013, dengan multi user aplikasi dapodikdas bisa dikerjakan oleh beberapa orang, kalau ditempat saya sih 2 orang, tapi bisa lebih dari 2 orang kok, dan cara ini tidak butuh PC Sever yang harganya selangit, cukup PC biasa saja yang dijadikan virtual server, bagaimana caranya?


Sebenarnya yang saya tahu ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk melakukan multi user di aplikasi dapodikdas 2013, yaitu :
1. Dengan menggunakan ad hoc WAN yaitu 1 laptop sebagai server dan laptop lain sebagai client/user, jadi ketentuannya laptop client harus terhubung dengan wifii laptop sever. Kelemahan metode ini selain client/user terbatas, metode ini tidak bisa menjadikan sebuah komputer atau PC dekstop sebagai client/user karena kebanyakan komputer/PC dekstop tidak ada wifii cardnya.
2. Dengan menggunakan Komputer sebagai server dan komputer lain sebagai client/user, metode ini bisa juga menjadikan laptop sebagai client/user jika disekolah anda ada jaringan wifii.
3. Dengan menjadikan komputer sebagai virtual server yang bisa dari manapun kita berada, baik dari rumah atau luar kota sekalipun, syarat utama harus ada internet dan komputer virtual servernya harus selalu menyala agar bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Dari tiga cara itu saya sudah mencoba, yang enak ya nomor 2 dan 3. tapi disini saya hanya akan membahas cara ke-2 saja, kenapa? banyak kerjaan mas blooo... hehe

Seperti biasa, ada syarat dan ketentuan yang harus di patuhi seblum melakukan metode ke-2 ini.
Syarat utama adalah ada jaringan LAN dengan tipologi jaringan sebagai berikut :
1.  beberapa komputer dihubungkan dengan hub atau
2. Adsl -> Modem ->  Hub -> Komputer atau
3. Adsl ->Modem -> Hub -> Router Wifii -> Komputer dan Laptop atau
4. Adsl -> Modem wifii ->  Hub -> Komputer dan Laptop
Ketentuannya, IP harus dalam satu gateway (saya garis bawahi pada gambar dibawah).
Perhatikan gambar ini.

Itu adalah cara melihat IP pada komputer kita, dan IP itulah yang akan kita gunakan untuk mengakses komputer tersebut dengan komputer lain, dan bisa di akses juga dengan laptop lain (apabila syarat 3 atau 4 terpenuhi). Digambar tersebut tercatat IP komputer adalah 192.168.1.12, IP ini nantinya yang kita gunakan untuk membuka aplikasi dapodikdas 2013 di komputer/laptop lain.
Jadi cukup 1 komputer saja yang diinstall aplikasi dapodikdas 2013, kemudian cek IP nya seperti diatas. Setelah kita mengantongi IP tersebut, silahkan coba buka di komputer lain dengan mengetikan IP dan jangan lupa sertakan portnya di browser, 192.168.1.12:8080.
pada intinya, IP tersebut adalah penganti localhost jadi untuk portnya ya tetap di masukan.
Yang biasanya kita mengakses localhost:8080 dikomputer yang terinstall aplikasi dapodikdas 2013, namun jika kita membuka di komputer lain yang tidak terinstall aplikasi dapodikdas 2013 kita mengaksesnya dengan 192.168.1.12:8080.


 Saran saya, jangan mengisi bersamaan, maksudnya jika salah satu sudah membuka dan mengisi peserta didik, sebaiknya yang lain mengerjakan PTK atau sarana atau yg lain, jadi dua user tidak diperbolehkan mengisi 1 jenis isian, HARUS BERBEDA agar tidak terjadi crash dan error saat menyimpan.
sebaiknya seperti ini:
Si A mengerjakan Profil
Si B mengerjakan Peserta didik
Si C mengerjakan Sarpras

Semoga membantu dan memudahkan.

 

1 Comments

Posting Komentar